Mendesain Interior Rumah yang Estetik Ala Desainer Profesional

8 Desember 2023 Ditulis oleh Yamin SayaKaya
Featured

Halo teman Yamin! Pengalaman memiliki tempat tinggal baru adalah momen yang sangat dinanti. Tapi apa boleh buat, bila ternyata desain interiornya tidak sesuai dengan ekspektasi. Sudah terlanjur keluar uang banyak, namun hasilnya kurang memuaskan.


Merancang interior rumah memang jadi kendala banyak orang, apalagi bagi yang tidak terbiasa dengan urusan mendesain. “Duh, mau banget punya rumah yang desain interiornya bagus, tapi tidak mau mengeluarkan banyak yang dengan menggunakan jasa desainer profesional, bagaimana dong?”


Tenang, dalam artikel ini kami akan membantu kamu untuk merancang interior rumah sebagus desainer interior profesional! Tips pertama, jangan dibikin pusing! Santai aja dulu.


Memikirkan dekorasi rumah perlu waktu dan dedikasi yang serius. Pilihannya cuma dua, lakukan dengan baik dan tulus, maka kamu akan mendapatkan rumah yang kamu idam-idamkan.


Inilah yang Dilakukan Desainer Interior Profesional


Untuk sampai ke garis finish, kamu perlu menentukan tujuannya. Panduan utamamu adalah “Aku mau desain interior ku terlihat sebaik mungkin dan sesuai dengan konsep pilihan ku.” Tentukan dengan jelas konsepnya mau seperti apa dan simpanlah beberapa referensi foto rumah impianmu.


1. Jangan Langsung ke Toko Furnitur


Rencanakan terlebih dahulu tujuan kamu dalam mendesain rumah dan jangan langsung terburu-buru berbelanja ke toko furnitur. Hal tersebut dikarenakan untuk menghindari potensi adanya pengeluaran yang sia-sia karena membeli barang yang tidak sesuai dengan rencana sebelumnya.


2. Mulailah dengan Mengukur Ruanganmu!


Mengetahui ukuran ruangan merupakan hal penting untuk menentukan furnitur apa yang dapat dibeli. Catatlah ukuran dari panjang, lebar, dan tinggi pada ruangan yang ingin kamu desain, dan objek lain yang ada di ruangan seperti AC, tangga, jendela, termasuk ukuran pintu ruangan sebagai akses memasukkan interior ke dalam ruangan.


Mengutip dari Davin Kleinberg, founder David Kleinberg Design Associates (Perusahaan desain interior di New York), “Kesalahan pertama yang dilakukan kebanyakan orang adalah ketika mereka membeli barang dengan ukuran yang salah – sofa yang tidak muat di dalam ruangan, meja yang terlalu kecil, meja yang terlalu besar, meja dan tempat tidur yang dapat menghalangi pintu masuk”. Ketika kamu mengukur ruangan dengan cermat, akan menghindarkan dari kesalahan kecil seperti ini, yang kalau terjadi hanya bisa berakibat dapat merugikan banyak hal, seperti waktu dan juga uang.


3. Tiru Pilihan dan Tata Letak Interior dari Desain Ruangan Impianmu


Kamu dapat menemukan banyak inspirasi desain ruangan melalui platform media sosial. Dengan menggunakan desain yang sudah ada, maka akan sangat menghemat waktu dalam berpikir dan jelas sudah terbukti bagus serta memiliki unsur yang estetik.


Kalau udah sudah menemukan desain mana yang ingin diterapkan pada ruanganmu, pelajari detailnya. Bagaimana karakteristik dari interior yang kamu suka, catat, dan jadikan panduan dalam memilih interiormu nanti. Perhatikan juga bagaimana mereka mengkombinasikan interior dan sesuaikan dengan kebutuhan kamu!


Ide-Ide yang Membuat Ruangan Jadi Estetik


1. Buat colour palette


Kamu bisa mencatatnya ya, ini penting banget lho! Koordinasi warna dalam ruangan adalah kunci suasana ruangan yang eye-pleasing. Coba kamu lihat-lihat lagi referensi ruangan impianmu. Buat palet warna berdasarkan referensimu per desain, lalu pilih yang terbaik untuk ruanganmu. Pastikan bila warnanya senada agar lebih harmonis!


2. Cermin full-body


Cermin yang diletakkan di lokasi strategis akan memberikan kesan ruangan yang luas dan terang. Kamu bisa meletakkannya di bagian dinding yang kosong di area hallway, entryway, atau ruang tidur.


3. Jangan takut dengan desain berpola!


Tahukah kamu, Ada desainer interior yang estetiknya adalah menggabungkan pola antar pola. Penggabungan pola-pola ini menciptakan suasana ruangan yang dinamis dan unik. Apabila kamu penyuka konsep ruangan yang antik dan berani, cobalah melihat karya dari Sean Scherer.


4. Alokasikan tempat untuk tumbuhan atau vas bunga


Menambahkan unsur flora pada ruangan akan mempercantik ruangan seutuhnya. Padukan vas yang artsy dengan rangkaian bunga atau tanaman yang sesuai dengan selera kamu.


5. Hias dinding dengan karya seni


Dekorasi dinding seringkali dilupakan dalam ruangan, padahal, harganya relatif murah. Sebagai pengganti lukisan karya seniman terkenal, kamu bisa menempelkan koleksi keramikmu atau karya seni yang sesuai dengan konsep ruanganmu!


6. Mix and Match furniture


Sepertinya sudah tidak zaman lagi ya, membeli satu set furnitur yang bahan, rupa, dan warnanya sama persis. Gaya estetik zaman sekarang mendorong kita untuk mengekspresikan diri dalam bentuk interior rumah. Jangan takut untuk membeli furnitur secara terpisah, bila masih masuk ke dalam konsep dan colour palette yang kamu inginkan.


7. Gorden adalah hal esensial


Pemilihan warna gorden jendela atau tirai pembatas ruangan bisa menambah keestetikan ruangan kamu lho! Kalau kamu menyukai konsep maksimalis, kamu mungkin akan tertarik untuk memakai desain yang “berani” dan mencolok untuk gordenmu. Kalau kamu adalah tipe yang minimalis, pastikan corak, warna, dan bahan dari gordenmu terlihat berkualitas dan timeless supaya menambah value kamar kamu!


Mendesain interior rumah terdengar memiliki risiko, tapi dengan langkah-langkah yang tepat, siapapun bisa melakukannya, termasuk kamu. Ide-ide seperti membuat palet warna, memanfaatkan cermin, menggabungkan pola-pola yang berbeda, pemilihan gorden, semuanya dapat meningkatkan estetika ruangan kamu!


Ingat ya, desain ruanganmu mengekspresikan diri kamu dan menciptakan ruangan yang sesuai dengan kepribadian serta preferensi mu akan membuat rumahmu terasa sangat nyaman. Dengan sedikit kreativitas dan perencanaan yang matang, kamu pasti bisa membangun ruangan impianmu!


Nah, itu dia beberapa tips mendekorasi ruangan yang estetik ala Sayakaya.


Setelah kamu sudah bisa mendesain rumah, jangan lupa untuk mendesain perencanaan keuangan di masa depan ya. Salah satunya dengan cara berinvestasi.


Kamu bisa berinvestasi reksa dana sekarang di aplikasi SayaKaya. Yuk download aplikasinya di Appstore atau Playstore!


Lihat Blog Lainnya

thumbnail
Market Update 7 Desember 2023

Ini Tingkat Inflasi November 2023 Terbaru - Market Outlook 7 Desember 2023

Halo Teman Yamin, pada kesempatan kali ini team SayaKaya telah merangkum dan memilah beberapa berita yang bisa bermanfaat dalam membuat keputusan investasi kamu agar lebih optimal. Mari kita ulas berita di bawah ini:

Baca Selengkapnya
thumbnail
Gaya Hidup 7 Desember 2023

Jalan-Jalan Murah ke Luar Negeri, Memang bisa?

Bepergian ke luar negeri kayaknya sudah jadi impian hampir semua orang yaa. Kalau lihat story teman-teman yang lagi foto di depan gedung tua gaya Eropa rasanya bikin pengen ke sana juga. Tapi, perasaan takut bakal menghabiskan tabungan selalu menghambat kita untuk pergi.

Baca Selengkapnya
thumbnail
Education 6 Desember 2023

6 Tahap Yang Perlu Kamu Lakukan Sebelum Beli Reksa Dana

Halo teman Yamin! Investasi merupakan salah satu cara yang cerdas untuk membangun kekayaan di masa depan, dan salah satu instrumen investasi yang semakin diketahui di Indonesia adalah reksa dana.

Baca Selengkapnya

Aplikasi SayaKaya:
Mudah, Cepat, dan Terkurasi!

Semua orang kini bisa berinvestasi Reksa Dana dengan mudah hanya lewat satu aplikasi saja. Download sekarang!

HFM - Unverified - Shadow HFM - Verified - Shadow HFM - Unverified HFM - Verified stars
Sayakaya Logo Copyright ©2024 Landing Page
Download Aplikasi
PT SAYAKAYA LAHIR BATIN
location Sahid Sudirman Centre lt 12
Jl. Jend. Sudirman No.Kav. 13-15, Jakarta 10220
phone +62212527989
email hi@sayakaya.id
SayaKaya adalah aplikasi investasi reksa dana yang berlaku sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dengan produk reksa dana dan manajer investasi pilihan yang telah terkurasi. Dikelola dan dikembangkan oleh PT Sayakaya Lahir Batin yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dengan nomor registrasi KEP-17/PM.21/2021.

Investasi reksa dana mengandung risiko. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa datang. Calon pemodal/pemodal wajib mempelajari prospektus sebelum berinvestasi reksa dana. Dalam melakukan transaksi jual dan beli reksa dana, calon pemodal/pemodal diharapkan memperhatikan profil risiko, kondisi keuangan serta tujuan investasi dari masing-masing calon pemodal/pemodal.