Jalan-Jalan Murah ke Luar Negeri, Memang bisa?

7 Desember 2023 Ditulis oleh Yamin SayaKaya
Featured

Bepergian ke luar negeri kayaknya sudah jadi impian hampir semua orang yaa. Kalau lihat story teman-teman yang lagi foto di depan gedung tua gaya Eropa rasanya bikin pengen ke sana juga. Tapi, perasaan takut bakal menghabiskan tabungan selalu menghambat kita untuk pergi.


Eitsss, teman Yamin sudah tahu belum? Kalau travelling keliling dunia itu gak perlu menguras seluruh isi tabunganmu lho. Dengan sedikit kreativitas dan kecermatan, perjalanan dengan budget tipis pun bisa menjadi pengalaman tak terlupakan dan penuh kegembiraan. Mulai sekarang gak perlu khawatir lagi ya, dompet kamu gak akan terkuras. Cukup dengan menerapkan tips and tricks di bawah ini.


Tips pertama adalah melakukan perencanaan awal. Sebagai wisatawan yang on budget, tips ini sangat penting untuk menjadi landasan bagi perjalanan hemat biaya kamu.


Perencanaan lebih awal identik dengan liburan yang dipikirkan secara matang dan tidak melibatkan keputusan terburu-buru dan dapat berujung pada pengeluaran yang tidak perlu. Berikut adalah hal-hal yang wajib kamu lakukan untuk mendukung travelling on budget-mu!


1. Riset dan Buat Rencana Perjalananmu Jauh-Jauh Hari


Sebelum memulai perjalanan, investasikan waktu untuk melakukan riset yang menyeluruh. Carilah destinasi, akomodasi, dan transportasi yang murah dan sesuai dengan budgetmu. Perencanaan dari jauh-jauh hari memungkinkanmu untuk memanfaatkan diskon pemesanan awal, melihat perbandingan harga, dan menemukan penawaran terbaik yang tersedia. Tidak perlu menunda-nunda, kamu bisa mengalokasikan waktumu untuk mencari sumber informasi melalui website atau media sosial.


2. Gunakan Travel Credit Card dan Gunakan Manfaatnya


Untuk kamu pengguna kartu kredit, pasti familiar dengan perks dan keuntungan yang ditawarkan. Di Indonesia, ada beberapa perusahaan penerbangan dan hotel yang bermitra dengan penyedia kartu kredit untuk memberikan penawaran eksklusif bagi penggunanya. Kalau kamu bisa memanfaatkannya dengan baik dan bisa mengelola penggunaan kartu kredit, kamu berpotensi mendapatkan bonus dan poin yang dapat memberimu diskon perjalanan!


Gunakanlah program hadiah melalui fasilitas kartu kredit, dan program loyalitas yang akan sangat berguna apabila kamu bepergian untuk mendapatkan manfaat yang lebih.


3. Tentukan Budget yang Realistis


Dalam membuat budgeting, kamu perlu menuliskan anggaran secara rinci yang mencakup semua pengeluaran antisipasi, seperti transportasi, akomodasi, makan, kegiatan, dan souvenir.


Buatlah secara realistis tentang batas pengeluaran dan pertahankan anggaran kamu sepanjang perjalanan. Melacak pengeluaran akan membantumu membuat keputusan yang tepat dan menghindari pengeluaran berlebihan. Dijamin kondisi dompet akan terjaga dan kamu pun akan jauh lebih bahagia selepas bepergian jauh.


4. Pilih Waktu Perjalanan Di Luar Musim Liburan


Bepergian ke pusat wisata populer selama puncak musim turis adalah waktu termahal untuk berkunjung.


Tips paling manjur yang diterapkan oleh budget traveller adalah bepergian selama musim yang sepi pengunjung. Pada saat sepi pengunjung, umumnya harga penerbangan dan akomodasi akan lebih rendah secara signifikan. Selain bisa menghemat banyak uang, kamu juga bisa menikmati destinasi wisatamu secara lebih autentik dengan lebih sedikit pengunjung yang datang. Cocok banget buat kamu yang butuh ketenangan tanpa banyak orang..


Berlibur di luar musim turis adalah cara terbaik untuk menghindari kebisingan kawanan wisatawan. Kamu akan bisa lebih menikmati perjalanan dan liburanmu sepanjang hari.


5. Akomodasi yang Murah, Nyaman, dan Aman


Meskipun banyak hotel yang menawarkan kenyamanan, harganya pun terjangkau. Kamu perlu mencoba dan mempertimbangkan alternatif penginapan lain seperti Airbnb atau menyewa apartemen.


Airbnb menawarkan pilihan yang lebih terjangkau dibandingkan hotel tradisional. Mereka menawarkan berbagai macam akomodasi dengan berbagai fasilitas yang biasanya mencakup kebutuhanmu.


Selain itu, Airbnb atau rental apartemen juga menyediakan akses ke dapur, dimana ini adalah hal krusial bagi para budget traveller. Kamu bisa menghemat banyak uang dengan cara memasak sendiri. Di sisi lain, uang yang kamu hemat itu bisa dialokasikan untuk berbelanja nantinya.


6. Tidak Perlu Makan di Luar Sehari 3 kali


Bila sudah menemukan akomodasi penginapan yang menyediakan dapur, kamu harus bisa memanfaatkannya dan menggunakan kemampuan masakmu untuk menghemat.


Karena bila kamu bepergian ke luar negeri, harga makanannya cukup mahal bila dibandingkan di negara sendiri. Maka, kamu harus bisa mengelola bahan makanan agar pengeluaranmu tidak berlebih.


Tips: Bawa bahan makanan instan yang dijual di supermarket biar bisa langsung disajikan dan kamu juga tidak akan kelaparan.


7. Jangan Takut untuk Menggunakan Transportasi Umum


Jika kamu bepergian sendirian, menggunakan transportasi umum akan menghasilkan penghematan yang signifikan.


Kamu tidak perlu pusing memikirkan arah di setiap perempatan seperti sedang mengendarai kendaraan sendiri. Kamu juga tidak perlu bingung mencari tempat parkir dan menerjemahkan petunjuk parkir karena peraturan lalu lintas di setiap negara berbeda-beda.


Selain itu, kamu juga bisa ikut merasakan aktivitas layaknya seperti warga lokal. Karena kesempatan seperti itu belum tentu akan kamu dapatkan di kemudian hari.


Jangan khawatir, transportasi umum di negara-negara maju sangat mudah ditemukan. Hal itu bisa memudahkan kamu untuk bepergian ke mana saja.


Bagaimana, sudah siap untuk travelling? Kamu bila mulai berinvestasi untuk mengumpulkan biaya travelling di Aplikasi SayaKaya. Atur keuangan bulanan kamu dan alokasikan sebagian untuk anggaran berliburmu.


Investasikan dana travelling kamu mulai dari sekarang secara rutin untuk mencapai tempat tujuan jalan-jalanmu di masa yang akan datang!


Lihat Blog Lainnya

thumbnail
Education 6 Desember 2023

6 Tahap Yang Perlu Kamu Lakukan Sebelum Beli Reksa Dana

Halo teman Yamin! Investasi merupakan salah satu cara yang cerdas untuk membangun kekayaan di masa depan, dan salah satu instrumen investasi yang semakin diketahui di Indonesia adalah reksa dana.

Baca Selengkapnya
thumbnail
Gaya Hidup 5 Desember 2023

Menekuni Hobi untuk Pengembangan Diri: Mengisi Waktu sekaligus sebagai Penghilang Stress

Halo teman Yamin! Suka ngerasain gak, hidup di era modern seringkali membuat kita terjebak dalam rutinitas yang padat dan tekanan yang konstan. Stres menjadi sahabat yang tidak diundang, dan banyak dari kita mencari cara untuk mengatasi rasa cemas dan kelelahan.

Baca Selengkapnya
thumbnail
Kulik Reksa Dana 4 Desember 2023

Kulik Reksa Dana: Sucorinvest Sharia Balanced Fund - 4 Desember 2023

Hallo teman Yamin! Pada penasaran gak sih soal performa produk-produk reksa dana yang ada di aplikasi SayaKaya? Kali ini kita akan mengulik salah satu performa reksa dana dari Manajer Investasi Sucorinvest Asset Management.

Baca Selengkapnya

Aplikasi SayaKaya:
Mudah, Cepat, dan Terkurasi!

Semua orang kini bisa berinvestasi Reksa Dana dengan mudah hanya lewat satu aplikasi saja. Download sekarang!

HFM - Unverified - Shadow HFM - Verified - Shadow HFM - Unverified HFM - Verified stars
Sayakaya Logo Copyright ©2024 Landing Page
Download Aplikasi
PT SAYAKAYA LAHIR BATIN
location Sahid Sudirman Centre lt 12
Jl. Jend. Sudirman No.Kav. 13-15, Jakarta 10220
phone +62212527989
email hi@sayakaya.id
SayaKaya adalah aplikasi investasi reksa dana yang berlaku sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dengan produk reksa dana dan manajer investasi pilihan yang telah terkurasi. Dikelola dan dikembangkan oleh PT Sayakaya Lahir Batin yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dengan nomor registrasi KEP-17/PM.21/2021.

Investasi reksa dana mengandung risiko. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa datang. Calon pemodal/pemodal wajib mempelajari prospektus sebelum berinvestasi reksa dana. Dalam melakukan transaksi jual dan beli reksa dana, calon pemodal/pemodal diharapkan memperhatikan profil risiko, kondisi keuangan serta tujuan investasi dari masing-masing calon pemodal/pemodal.