Persentase Dana yang Tepat untuk Anggaran Investasi Reksa Dana

14 Desember 2023 Ditulis oleh Yamin SayaKaya
Featured

Halo teman Yamin! Siapa di sini yang sudah mulai berinvestasi reksa dana di SayaKaya? Investasi dalam reksa dana merupakan salah satu cara yang cerdas untuk mengembangkan kekayaan secara konsisten untuk mencapai tujuan finansial jangka panjang.


Seringkali kita masih bingung dan bertanya, kira-kira seberapa besar persentase dana yang seharusnya dialokasikan untuk investasi reksa dana? Jawabannya yaitu tidak bersifat satu acuan untuk semua orang, tetapi ada beberapa pertimbangan penting yang dapat membantu kamu dalam menentukan persentase yang tepat.


1. Kenali Tujuan Keuangan dan Risikomu


Langkah pertama yang sangat penting adalah memahami tujuan keuangan kamu dan tingkat toleransi risikonya. Jika kamu memiliki tujuan jangka panjang seperti pensiun, kamu mungkin lebih cenderung mengalokasikan persentase yang lebih besar ke reksa dana saham untuk mendapatkan potensi pertumbuhan yang lebih tinggi.


Di sisi lain, jika tujuan kamu lebih jangka pendek atau kamu memiliki toleransi risiko yang lebih rendah, alokasi investasimu lebih besar ke reksa dana pendapatan tetap atau reksa dana campuran yang mungkin lebih sesuai.


2. Pertimbangkan Jangka Waktu Investasi


Jangka waktu investasi juga merupakan faktor penentu. Semakin kamu memiliki jangka waktu yang lebih panjang, kamu bisa mengalokasikan dana invetasimu lebih besar dibandingkan jika kamu memiliki jangka waktu investasi yang lebih pendek.


3. Analisis Profil Risiko dan Return Reksa Dana


Setiap jenis reksa dana memiliki profil risiko dan potensi imbal hasil yang berbeda. Reksa dana saham dapat memberikan potensi pertumbuhan yang tinggi tetapi juga lebih rentan terhadap fluktuasi pasar. Di sisi lain, reksa dana pendapatan tetap cenderung lebih stabil tetapi dengan tingkat pengembalian yang lebih rendah. Memahami karakteristik masing-masing reksa dana membantu kamu membuat keputusan yang lebih baik dalam hal investasi untuk mencapai tujuan finansial di masa depan.


4. Diversifikasi Portofolio


Diversifikasi merupakan salah strategi dalam mengelola risiko investasi. Disarankan untuk tidak mengalokasikan seluruh dana investasimu ke dalam satu jenis reksa dana. Cobalah menciptakan portofolio yang terdiversifikasi, termasuk reksa dana saham, reksa dana pasar uang pendapatan tetap, dan mungkin reksa dana campuran. Diversifikasi dapat membantu kamu melindungi portofolio dari fluktuasi pasar.


5. Strategi 50/20/10


Biasanya, pembagian persentase dalam hal keuangan itu dibagi menjadi 50/30/20/10. Sebagai informasi, 50% dana tersebut dialokasikan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, 30% untuk berinvestasi atau dana darurat, dan 20% atau 10% dana tersebut dapat dialokasikan untuk memenuhi keinginan yang mau kamu capai. Namun persentase tersebut dapat disesuaikan dengan kondisi keuanganmu masing-masing.


Menentukan persentase dana yang tepat untuk investasi reksa dana memerlukan pemahaman mendalam tentang keuangan pribadi, tujuan, dan toleransi risiko. Tidak ada pendekatan yang pasti dalam satu acuan dan bisa cocok untuk semua, karena setiap individu memiliki kebutuhan dan situasi keuangan yang berbeda.


Nah kamu sudah tahu kan bagaimana cara mengalokasikan dan membagi persentasi untuk berinvestasi. Sekarang saatnya langsung berinvestasi reksa dana hanya di aplikasi SayaKaya. Yuk download aplikasinya!


Lihat Blog Lainnya

thumbnail
Market Update 13 Desember 2023

Segini Dana Asing yang “Mengalir” ke Indonesia - Market Outlook 13 Desember 2023

Halo Teman Yamin, pada kesempatan kali ini team SayaKaya telah merangkum dan memilah beberapa berita yang bisa bermanfaat dalam membuat keputusan investasi kamu agar lebih optimal. Mari kita ulas berita di bawah ini:

Baca Selengkapnya
thumbnail
Promo 12 Desember 2023

Jangan Lewatkan PROMO 12.12 di SayaKaya!

Halo teman Yamin! Sambutlah momen luar biasa di akhir tahun 2023 dengan Promo 12.12 dari SayaKaya! Jangan sia-siakan kesempatan tersebut untuk mendapatkan penawaran eksklusif ketika kamu berinvestasi.

Baca Selengkapnya
thumbnail
Education 11 Desember 2023

Tips Membangun Kesehatan Finansial yang Optimal

Dalam kehidupan sehari-hari, kita seringkali mendengar pentingnya menjaga kesehatan tubuh melalui olahraga dan pola makan seimbang. Namun, satu aspek yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah kesehatan finansial.

Baca Selengkapnya

Aplikasi SayaKaya:
Mudah, Cepat, dan Terkurasi!

Semua orang kini bisa berinvestasi Reksa Dana dengan mudah hanya lewat satu aplikasi saja. Download sekarang!

HFM - Unverified - Shadow HFM - Verified - Shadow HFM - Unverified HFM - Verified stars
Sayakaya Logo Copyright ©2024 Landing Page
Download Aplikasi
PT SAYAKAYA LAHIR BATIN
location Sahid Sudirman Centre lt 12
Jl. Jend. Sudirman No.Kav. 13-15, Jakarta 10220
phone +62212527989
email hi@sayakaya.id
SayaKaya adalah aplikasi investasi reksa dana yang berlaku sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dengan produk reksa dana dan manajer investasi pilihan yang telah terkurasi. Dikelola dan dikembangkan oleh PT Sayakaya Lahir Batin yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dengan nomor registrasi KEP-17/PM.21/2021.

Investasi reksa dana mengandung risiko. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa datang. Calon pemodal/pemodal wajib mempelajari prospektus sebelum berinvestasi reksa dana. Dalam melakukan transaksi jual dan beli reksa dana, calon pemodal/pemodal diharapkan memperhatikan profil risiko, kondisi keuangan serta tujuan investasi dari masing-masing calon pemodal/pemodal.