6 Hal yang Wajib Dilakukan Bagi Investor Reksa Dana Newbie!

16 Januari 2024 Ditulis oleh Yamin SayaKaya
Featured

Halo teman Yamin! Siapa di sini yang baru instal aplikasi SayaKaya dan pengen tau hal yang perlu dilakukan oleh investor reksa dana sebelum berinvestasi? Nah memahami reksa dana dapat membantu kamu dalam mengambil keputusan investasi yang lebih terinformasi. Berikut adalah enam langkah yang dapat membantu kamu dalam memahami reksa dana:


1. Definisi Tujuan Investasi:


Langkah pertama sebelum memilih reksa dana adalah mendefinisikan tujuan investasi kamu. Apakah kamu mencari pertumbuhan modal jangka panjang atau pendapatan rutin? Menentukan tujuan ini akan membantu kamu memilih reksa dana yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi risiko kamu.


2. Risiko dan Volatilitas:


Memahami tingkat risiko dan volatilitas reksa dana merupakan hal yang sangat penting. Dengan kamu memahami tingkat risiko yang berbeda, keputusan investasimu akan lebih bijak lagi dalam mencapai tujuan finansial di masa depan. Salah satu indikator untuk mengukur tingkat risiko reksa dana di aplikasi SayaKaya yaitu indikator drawdown. Semakin kecil tingkat drawdown yang dimiliki suatu produk reksa dana, maka semakin baik.


3. Kinerja Historis:


Analisis kinerja historis dapat memberikan wawasan tentang seberapa baik reksa dana tersebut telah tampil di masa lalu. Meski tidak menjamin hasil di masa depan, melihat kinerja historis dapat membantu kamu membuat gambaran atau proyeksi kinerja masa depan yang lebih baik.


4. Manajer Investasi:


Pahami siapa yang mengelola dana tersebut. Tinjau pengalaman dan track record manajer investasi. Seorang manajer berpengalaman dan memiliki strategi investasi yang konsisten dapat menjadi indikator keberhasilan reksa dana. Di SayaKaya terdapat 8 manajer investasi yang memiliki pengalaman dengan kinerja terbaik dalam mengelola dana investasi dari para investor. Penasaran apa saja 8 manajer investasi tersebut, kamu bisa langsung download aplikasi SayaKaya sekarang.


5. Diversifikasi Portofolio:


Perhatikan diversifikasi aset dalam portofolio reksa dana kamu. Diversifikasi membantu mengurangi risiko karena tidak seluruh portofolio akan terpengaruh oleh perubahan dalam satu jenis investasi saja. Pastikan reksa danamu nantinya memiliki alokasi yang seimbang untuk mengurangi potensi kerugian yang terdampak pada fluktuasi pasar.


6. Pemahaman Instrumen Investasi:


Pahami instrumen investasi yang digunakan dalam reksa dana. Apakah itu saham, obligasi, atau instrumen pasar uang? Memahami komponen ini akan membantu kamu menilai sejauh mana reksa dana tersebut sesuai dengan tujuan investasi dan profil risiko kamu.


Memahami reksa dana tidak hanya melibatkan dan mengetahui kinerja historis, melainkan juga pertimbangan risiko, manajer investasi, dan komposisi portofolio. Sekarang kamu sudah paham kan bagaimana caranya memahami reksa dana untuk keputusan investasimu? Yuk investasi reksa dana sekarang di SayaKaya!


Lihat Blog Lainnya

thumbnail
Market Update 12 Januari 2024

Realisasi Transfer Ke Daerah Tahun 2023 Capai Sebesar Ini - Market Outlook 12 Januari 2024

Halo Teman Yamin, pada kesempatan kali ini team SayaKaya telah merangkum dan memilah beberapa berita yang bisa bermanfaat dalam membuat keputusan investasi kamu agar lebih optimal. Mari kita ulas berita di bawah ini:

Baca Selengkapnya
thumbnail
Gaya Hidup 11 Januari 2024

Percaya atau Enggak Ini Harga Ras Anjing Termahal di Dunia!

Halo teman Yamin! Ada gak sebagian dari kamu yang suka memelihara anjing? Kamu pasti gak percaya berapa harga anjing-anjing ini! Beberapa ras anjing di dunia ini harganya bisa mencapai angka fantastis yang bahkan bisa membeli sebuah mobil mewah. Kalau kamu pikir semua anjing harganya murah dan terjangkau, kamu salah besar. Ada beberapa ras anjing yang hanya dimiliki oleh orang-orang kaya dan terkenal karena harganya yang selangit.

Baca Selengkapnya
thumbnail
Promo 10 Januari 2024

Beli Reksa Dana Bisa Bawa Pulang iPhone 15 Pro dan iPad 9!

Halo teman Yamin! Manfaatkan Promo program "SayaKaya Suka Suka"! Dengan membeli reksa dana, kamu bisa berkesampatan untuk membawa pulang iPhone dan iPad lho!

Baca Selengkapnya

Aplikasi SayaKaya:
Mudah, Cepat, dan Terkurasi!

Semua orang kini bisa berinvestasi Reksa Dana dengan mudah hanya lewat satu aplikasi saja. Download sekarang!

HFM - Unverified - Shadow HFM - Verified - Shadow HFM - Unverified HFM - Verified stars
Sayakaya Logo Copyright ©2024 Landing Page
Download Aplikasi
PT SAYAKAYA LAHIR BATIN
location Sahid Sudirman Centre lt 12
Jl. Jend. Sudirman No.Kav. 13-15, Jakarta 10220
phone +62212527989
email hi@sayakaya.id
SayaKaya adalah aplikasi investasi reksa dana yang berlaku sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dengan produk reksa dana dan manajer investasi pilihan yang telah terkurasi. Dikelola dan dikembangkan oleh PT Sayakaya Lahir Batin yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dengan nomor registrasi KEP-17/PM.21/2021.

Investasi reksa dana mengandung risiko. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa datang. Calon pemodal/pemodal wajib mempelajari prospektus sebelum berinvestasi reksa dana. Dalam melakukan transaksi jual dan beli reksa dana, calon pemodal/pemodal diharapkan memperhatikan profil risiko, kondisi keuangan serta tujuan investasi dari masing-masing calon pemodal/pemodal.